Pontan, Darmawan (2017) MODEL FAKTOR RISIKO YANG BERPENGARUH PADA PERBAIKAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN RAYA. In: Konferensi Nasional Teknik Sipil 11, 26-27 Oktober 2017, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://konteks.id/p/11-MK-8.pdf

Abstract

Proyek konstruksi merupakan bidang yang dinamis dan mengandung banyak risiko. Risiko dapat memberikan pengaruh terhadap produktivitas, kinerja, kualitas dan batasan biaya dari proyek. Risiko dapat merupakan akibat yang mungkin terjadi secara tak terduga. Walaupun setiap kegiatan telah direncanakan sebaik mungkin, tetap mengandung ketidakpastian, nantinya akan berjalan sesuai rencana. Indikator keberhasilan proyek konstruksi jalan raya ditunjukkan oleh kesesuaian biaya, waktu dan kualitas dengan rencana awal. Di Indonesia, terdapat proyek konstruksi jalan raya yang mengalami keterlambatan, permasalahan terhadap biaya dan kualitas yang tidak sesuai dengan perencanaan. Penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko utama yang terjadi pada proyek konstruksi jalan raya dan mengetahui juga tingkat faktor risiko (ranking risiko) utama yang mempengaruhi pada perbaikan jalan raya (y), yaitu manajemen operasional (x1), sumber daya (x2) dan lingkungan dan peristiwa alam (x3). Selanjutnya, pada pelaksanaan proyek, pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengantisipasi risiko yang terjadi sehingga pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier untuk membuat model faktor risiko, kemudian dilakukan analisis data statistik dengan menggunakan metode Index Mean untuk menentukan tingkat faktor risiko. Hasil dari metode index mean: faktor risiko utama yang paling tinggi adalah variabel lingkungan dan peristiwa alam (X3) dengan pekerjaan relokasi utilitas eksisting yang dilewati proyek jalan sehingga berpengaruh ke biaya (X3 4), sedangkan risiko-risiko yang terjadi pada variabel manajemen operasional (X1) sangat kecil, sehingga dapat diabaikan. Hasil faktor risiko berdasarkan regresi linier adalah perbaikan jalan raya (Y) berpengaruh 13,5 % terhadap pekerjaan relokasi utilitas (X3 4), 24,3 % terhadap kelelahan akibat lembur (X2 3) dan 16,2 % terhadap gangguan premanisme (X3 7).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Department of Architecture
Depositing User: FTSP UNIVERSITAS TRISAKTI
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:10
Last Modified: 25 Jul 2019 07:10
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item