Baruch, Adriel (2016) Perancangan Karakter dari Cerita Berdirinya Majapahit dalam Video Game ( Studi Visualisasi Kisah Masa Raden Wijaya). Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain.

[img] Text
full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sejarah seringkali menjadi momok bagi setiap murid-murid di Indonesia, padahal seringkali sebuah negara dinilai dari sejarahnya. Hal tersebut mempunyai berbagai penyebab, salah satunya adalah metode pengajaran satu arah yang berlaku hampir di seluruh Indonesia. Metode yang tidak dirancang adanya interaksi antara guru dan murid tersebut tidak memberikan ruang interprestasi, sehingga para murid tidak terlatih untuk berpikir secara analistis. Menimbang hal-hal di atas, penulis memutuskan untuk menggunakan video game sebagai sebuah metode alternatif pembelajaran sejarah, karena video game pada masa kini merupakan salah satu bagian dari kehidupan murid, khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar. Untuk itu penulis mengangkat cerita tentang berdirinya Kerajaan Majapahit sebagai inti cerita dari video game yang akan dirancang, karena Majapahit memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan budaya Indonesia pada masa kini. Cerita yang diangkat pada perancangan karakter video game ini memiliki rentang waktu dari jatuhnya kerajaan Singhasari sampai berdirinya Majapahit dengan Raden Wijaya sebagai fokus utama dari alur cerita di dalam video game ini. Selain itu, bentuk visual yang ditentukan oleh penulis adalah visual dengan gaya anime, karena pada masa kini banyak murid yang menyukai anime. Oleh sebab itu, penulis melihat bahwa anime dapat menjadi sebuah nilai jual yang besar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:58
Last Modified: 27 Sep 2017 04:58
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item