Murwonugroho, Wegig (2001) Komunikasi ganda (Double coding) iklan seri reformasi rokok Sampoerna A Mild :: Sebuah media promosi dan propaganda sosial politik. Masters thesis, Universitas Gajah Mada.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=pene...

Abstract

Tak kunjung reda dan justeru semakin memberatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Mahasiswa cukup peka dengan kondisi ini. Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa menuntut perubahan sistem perekonomian dan politik yang lebih transparan dan demokratis. Pemerintah tidak menanggapi aksi unjuk rasa ini, akan tetapi aksi unjuk rasa ini dihadapi dengan suatu b entuk represi kekerasan oleh aparat keamanan. Akhirnya muncul tindak kerusuhan yang berawal dari ibukota Jakarta merambah ke kotakota lain. Kerusuhan pada awalnya hanya merusak fasilitas umum, akan tetapi kerusuhan ini kemudian mengarah pada perusakan gedunggedung milik swasta terutama etnis Cina. Latar belakang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup mendorong massa menjarah hak milik orang lain. Selain itu terjadi pula tindak pelecehan seksual terhadap perempuan keturunan etnis Cina. Tindakan anarki dan amoral ini tidak dapat ditanggulangi oleh aparat keamanan. Masyarakat sendiri sudah tidak percaya lagi terhadap penegakan hukum dan peradilan yang kini sarat dengan muatan politik. Akhirnya muncul peradilan massa yang tidak mempertimbangkan nilai kemanusiaan lagi. Apakah yang melatarbelakangi munculnya aksi kekerasan? Menurut Dom Helder Camara dalam teori ‘spiral kekerasan’ mengemukakan bahwa kekerasan bekerja dalam tiga bentuk yang bersifat personal, institusional, dan struktural, yaitu: (1) ketidakadilan, (2) kekerasan pemberontakan sipil, dan (3) represi negara. Ketiganya saling terkait satu s ama lain. Munculnya satu b entuk kekerasan akan disusul dan dapat menyebabkan munculnya bentuk kekerasan lain. Kekerasan merupakan realitas multidimensi, tidak bisa dipisahkan keterkaitannya antara kekerasan yang satu dengan kekerasan yang lainnya. ‘Violence beget violence’ (kekerasan menimbulkan kekerasan lainnya). Gejolak sosial ‘ politik ini melatarbelakangi kreativitas menciptakan Iklan Layanan Masyarakat Seri Reformasi Rokok Sampoerna A Mild. Pengiklan merasa peduli dengan kondisi bangsa yang mengalami krisis moral ini. Penelitian ini bertujuan menghasilkan eksplanasi historis tentang kontinuitas dan perubahan konsep iklan rokok Sampoerna A Mild mengidentifikasi fakta-fakta peristiwa sejarah dan perilaku masyarakat sebagai ide perancangan iklan. Selanjutnya penelitian ini mengukur komunikatif tidaknya pesan iklan terhadap khalayak sasaran. Perlu suatu eksplanasi kapan iklan tersebut dimunculkan dan apakah ada korelasi dengan peristiwa sejarah yang terjadi? Apakah khalayak sasaran iklan refonnasi tersebut tepat sasaran dan pesan yang disampaikan dapat dimengerti? Iklan Sampoerna A Mild ditayangkan dalam media T V Comm., poster, dan billboard. Iklan yang diteliti didokumentasikan dalam bentuk video klip dan foto. Iklan sebagai sebuah teks dianalisis struktur

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Art and Design > Department of Visual Comnunication Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 07 Oct 2017 07:56
Last Modified: 19 Oct 2017 04:47
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item