Murwonugroho, Wegig and Piliang, Yasraf Amir and EWB, Agung and Soenarto, Priyanto (2011) Kajian Visual PUN dalam Retorika Visual Digital Ambient Media di Tengah Ruang Publik Studi Kasus: Iklan Digital Interaktif Handphone Samsung. In: Konferensi Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologi” ‐.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://ideatech.stts.edu/proceeding2011/54-000028-...

Abstract

Mobilitas tinggi adalah salah satu identitas gaya hidup masyarakat moderen. Berdampak pada bagaimana kegiatan promosi untuk lebih kreatif, inovatif, dan menghibur. Beberapa program promosi menggunakan ambien media digital sebagai bentuk komunikasi baru untuk menyampaikan pesan promosi kepada target pemirsa secara langsung. Ambien media digital menggunakan teknologi terakhir 'sensor gerakan' pada layar digital. Merespon gerakan orang berikut gerak anggota tubuh yang melewati media. Akhirnya tidak terjadi esenjangan layar antara masyarakat dengan ambien media digital. Ambien media digital adalah paradigma baru dalam promosi yang menggunakan ruang publik berikut unsur-unsur lingkungan fisik. Memiliki karakteristik yang lebih spesifik, hibrid, dan menembus batas antara seni, desain, dan teknologi. Dirancang dengan melibatkan unsur visual pun , idiom seni, elemen desain, aspek komunikasi, dan lingkungan fisik, untuk membuat ekspresi visual lebih menarik. Pelesetan visual (visual pun) adalah permainan kata yang direpresentasikan oleh gambar (selain bahasa pada umumnya). Visual pun , juga dikenal sebagai paronomasia, adalah bentuk permainan kata yang menunjukkan arti dua atau lebih, dengan menggunakan beberapa makna kata atau kata-kata yang terdengar mirip dengan efek lucu. Sebagian besar ambien media digital diletakkan di depan umum dan berinteraksi dengan lokasi di mana media ditempatkan. Strategi penggunaan visual pun dalam ambien media digital merupakan unsur kreatif yang penting, menyenangkan, dan inovatif dalam pemrograman promosi di era modern. Media ini mencerminkan pemikiran baru, dan bentuk apresiasi seni pada kemajuan teknologi. Pemanfaatan visual pun dalam ambient media digital merupakan point penting dalam perancangan program promosi untuk menciptakan hiburan. Akan tercipta kedekatan khalayak sasaran dengan media. Iklan lebih berkesan, terjadi kedekatan dengan produk yang ditawarkan - berikut pengetahuan kebaruan nilai dan fungsi produk yang dipromosikan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Art and Design > Department of Visual Comnunication Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 07 Oct 2017 08:07
Last Modified: 07 Oct 2017 08:07
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item