Soebadiredja, Endra Sulendra (2011) Ambient Advertising : Dampaknya terhadap Kawasan Kota Jakarta. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

[img] Text
Tesis Endra Silendra_GABUNG.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Arus globalisasi tidak dapat dipisahkan dari namanya teknologi informasi, dimana dinamika lintas batas suatu negara khususnya dalam “Negara dalam dunia maya” telah menjadi kesatuan. Akslerasi perkembangan desain komunikasi visualpun selalu menjadi up to date, terutama dari berbagai pengaruh negara-negara kapitalis seperti di kawasan Eropa, maupun dari negara adi daya seperti halnya Amerika Serikat yang menjadi barometer dunia dalam industri periklanan. Media iklan luar ruang khususnya ambient advertising dari negara-negara tersebut diatas, turut berperan besar di dalam menyebarkan virus-virus kepada berbagai negara lainnya, dan saling mempengaruhi. Iklan luar ruang (outdoor) adalah bentuk iklan yang paling tua, bukti-bukti artefak penggunaannya yang pertama telah ditemukan pada reruntuhan-reruntuhan peninggalan bangsa Yunani dan Romawi. Hal ini tidak mengherankan sebab pada saat itupun pemerintah harus membuat pengumuman-pengumuman untuk umum, dan dinding adalah tempat yang cocok untuk menulis pesan-pesan bagi masyarakat luas. Bentuk iklan outdoor paling awal adalah papan nama tanda rumah penginapan yang sampai saat ini masih digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:53
Last Modified: 19 Oct 2017 04:27
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item