Hamdy, Mulky Aulia and Saidi, Acep Iwan and Nugroho, Agus (2011) Kajian Semiotika Pada Iklan Kit Gold Series. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

[img] Text
Tesis Mulky Aulia Hamdy_GABUNG.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan Kit Gold Series merupakan iklan majalah yang dirancang oleh agensi iklan internasional, Draft FCB Jakarta. Iklan Kit Gold Series meliputi 3 seri iklan yaitu Kit Mobster, Kit Snatcher, dan Kit Bullyboy. Pada setiap seri iklan ini komposisi layout sangat identik namun memiliki petanda-petanda yang berbeda. Iklan bergaya non verbal ini didominasi oleh gambar fotografi dengan teks yang sangat sedikit, sehingga menarik untuk dianalisis dengan kajian desain dan semiotika. Ketiga iklan Kit Gold Series memiliki banyak petanda visual yang harus dipahami maknanya oleh audiens. Namun, kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengkaji tanda menjadi permasalahan ketika makna dibalik tanda tidak dipahami oleh masyarakat sehingga pesan tidak tersampaikan. Kajian Semiotika pada Iklan Kit Gold Series menganalisis ketiga desain Iklan Kit Gold Series dari sisi bentuk (desain) dan makna. Iklan ini mengeksplorasi prinsip penekanan, rangkaian, kesimbangan dan kesatuan dalam visualisasi layout. Dari sisi pemaknaan tanda dalam iklan, semiotika Roland Barthes berperan untuk mengkaji petanda pada pesan linguistik, pesan denotasi, dan pesan konotasi, sehingga memberikan makna retorika iklan yang menyeluruh. Analisis semiotika iklan Kit Gold Series menghasilkan makna dibalik tiap petandanya melalui pesan linguistik, denotasi dan konotasi. Teks “Perfectly Shiny” sebagai tagline iklan merupakan pesan linguistik yang secara literal memberikan makna denotasi dari keseluruhan iklan. Didukung oleh petanda imaji berupa adegan-adegan yang saling berhubungan yang disebabkan oleh pantulan bening Kit yang sempurna. Secara konotasi petanda ditafsirkan dengan makna yang lebih luas dan simbolik dimana interpretasi individu sangat dipengaruhi oleh pemahaman budaya. Tema mobster, snatcher, dan bully merupakan bagian dari budaya yang dimodifikasi dalam bahasa iklan dengan segala muatan ideologi untuk mengangkat citra dari produk Kit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:33
Last Modified: 16 Oct 2017 07:33
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item