Widyastuti, Putri Anggraeni (2013) Penciptaan Cosplay Tokoh Wayang "Limbuk" Untuk Seni Pertunjukan Urban. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

[img] Text
TESIS_PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI_191110031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Jakarta sebagai salah satu kota urban di Indonesia merupakan tempat berkumpulnya berbagai kebudayaan baik itu kebudayaan lokal maupun kebudayaan luar. Salah satunya adalah cosplay. Sub kultur Jepang ini sering dijumpai di beberapa acara cosplay yang diadakan di mall dan kampus tertentu beserta komunitasnya. Umumnya pada acara itu para cosplayer (pelaku cosplay) berkumpul dan berlomba-lomba menampilkan hasil karyanya yang terbaik. Umumnya cosplay merupakan karya dwi matra dari narasi karakter fiksi dan non fiksi yang digubah dalam bentuk tri matra oleh cosplayer.Namun, sebuah fenomena acara sejenis mengubah pemikiran mengenai cosplay. Acara itu bernama Hellofest, dimana cosplayer mengenakan kostum dan dandanan karakter tidak hanya dari Jepang atau Amerika tetapi juga dari Indonesia. Di Hellofest, dapat ditemui para cosplayer mengenakan kostum dan dandanan yang terinspirasi dari tokoh pewayangan. Cosplay adalah seni bermain peran seperti layaknya teater, karena bagaimanapun juga dalam acara cosplay terdapat kabaret yang diikutin oleh tim-tim cosplayer. Jadi tidak heran kalau cosplay merupakan bagian dari seni pertunjukan urban. Untuk meramaikan acara seni pertunjukan urban ini, maka dibuatlah penciptaan tokoh wayang Limbuk. Ini disamping sebagai kritik terhadap cosplay pada umumnya, juga sebagai solusi bagi cosplayer berukuran besar agar bisa ikut ambil bagian dalam acara cosplay tanpa harus khawatir dengan bentuk tubuh. Di samping itu juga melestarikan pewayangan di era globalisasi ini dengan mengali kreativitas melalui cosplay. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory dan fenomenologi, serta didukung dengan berbagai teori seperti teori postmodern, penulis mencoba membuat konsep penciptaan cosplay tokoh wayang “Limbuk” untuk seni pertunjukan di Jakarta. Untuk proses penciptaan cosplay karakter ini tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan desainer fesyen pada umumnya ditambah penggunaan metode penciptaan dekontruksi. Keywords: cosplay, Limbuk, wayang purwa Penciptaan Cosplay Tokoh Wayang "Limbuk" Untuk Pertunjukan Seni Urban / Putri Anggraeni Widyastuti

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:52
Last Modified: 04 Dec 2017 04:52
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item