Pramesti, Rachmadita Dwi (2017) Kajian Pengaruh Billboard Tayangan Offline Dan Online Pada Fashion E-Commerce Terhadap Minat Audience. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa Dan Desain,USAKTI.

[img] Text
TESIS RACHMADITA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Suatu perusahaan didirikan pada dasarnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan (laba). Untuk memenuhi tujuan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan cara beriklan. Iklan harus dapat menyampaikan pesan yang tertanam pada penerimanya, sehingga menimbulkan persepsi yang positif pada penerimanya (persepsi audience). Persepsi yang positif kemudian akan memberikan dampak yang positif yaitu adanya keinginan atau minat audience untuk membeli produk yang diiklankan. Saat ini,banyak alternatif media untuk iklan. Salah satu media iklan yang saat ini digunakan adalah media luar ruang berupa billboard. Seiring perkembangan teknologi informasi, billboard kini terdapat juga dalam tayangan iklan di media online.Penelitian ini dilakukan karena sejauh ini belum ada referensi mengenai tingkat efektivitas media billboard tayangan offline dan online, sehingga pemilihan media offline maupun online untuk pemasaran masih belum bisa dibandingkan.Penelitian difokuskan kepada kajian pengaruh billboard tayangan offline dan online terhadap minat audience. Adapun billboard tayangan offline dan online yang terpilih untuk diteliti yaitu fashion e-commerce Rabbani. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan referensi billboard tayangan offline dan online yang baik dan menarik, (2) menghasilkan analisis efektivitas dan efisiensi pada billboard tayangan offline dan online terhadap minat audiens, dan (3) menghasilkan dasar acuan perbandingan dan pengaruh billboard tayangan offline dan online pada minat audiens.Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan merupakan data yang berbentuk angka-angka, yang kemudian diterjemahkan ke dalam pendekatan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dirumuskan. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini analisis komparatif, estetik, dan interaksi. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa persepsi responden terhadap billboard tayangan offline dan online fashion e-commerce Rabbani positif. Kedua jenis billboard berpengaruh nyata terhadap persepsi audience. Namun terpaan billboard tayangan online relatif lebih tinggi dibanding billboard tayangan offline.Selain itu juga visualisasi pada billboard tayangan online memberikan gambaran yang lebih menarik perhatian audience. Analisis statistik dengan menggunakan uji beda menunjukkan, bahwa billboard tayangan online lebih efektif dalam meningkatkan persepsi dibanding billboard tayangan offline. Efektivitas terjadi karena frekwensi tayangan online lebih tinggi dibanding offline. Dengan lebih seringnya melihat dan menganalisis, maka kesempatan timbulnya persepsi audience juga semakin tinggi dan kemudian dapat meningkatkan minat audience.Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu (1) rupa billboard tayangan offline yang baik dan menarik harus sering dilihat, lampu latar sangat baik, dan bersifat inovatif. Adapun untuk billboard tayangan online harus memperhatikan kontras dan tata warna dalam visualisasi billboardnya, (2)pemasaran produk dengan billboard tayangan offline dan yang online harus mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan agar terbangun persepsi dan dapat membangkitkan minat audience untuk membeli, (3) pemanfaatan billboard tayangan online lebih tinggi pengaruhnya dalam minat membeli produk, yang berarti lebih efektif dan efisien dalam pemasaran produk e-commerce.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Lib Trisakti
Date Deposited: 14 Feb 2018 11:41
Last Modified: 14 Feb 2018 11:41
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item