Yulisa, Delma and Pusparini, Pusparini (2017) Hubungan kepuasaan pasien rawat inap dengan sikap pelayanan perawat di RSUD Pasaman Barat. Undergraduate thesis, Trisakti University.

[img] Text
2017_TA_KD_03012067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG Pelayanan kesehatan dapat dikatakan baik dinilai dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu, pelayanan dokter, pelayanan UGD, jaminan kesehatan dan salah satuanya sikap pelayanan perawat, sikap pelayanan perawat yang diharapkan seperti, perhatian dalam memberikan pertolongan kepada pasien dengan sabar dan tulus, perawat yang selalu ramah, ceria dan tersenyum pada pasien, terpenting perawat mampu berkomunikasi dengan baik agar tercipta kerjasama yang baik untuk proses pengobatan. Beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan kepuasan pasien dengan sikap pelayanan perawat, penelitian yang dilakukan oleh Azizi et al tentang hubungan antara prilaku caring perawat dan kepuasan pasien dengan desain penelitian deskriptif pada 250 pasien yang dipilih secara acak dengan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan di Kashan University Iran . Penelitian ini Bertujuan untuk menentukan hubungan kepuasan pasien dengan sikap pelayanan perawat. METODE Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yang mengikutsertakan 112 pasien rawat inap di RSUD Pasaman Barat. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi usia, jenis kelamin, lama rawat, pendidikan, pekerjaan dan sikap pelayanan perawat. Analisis data dengan menggunakan Statisticalpackage for Social Sciences SPSS 20 for windows. Dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. HASIL Analisis uji Chi-Square, menujukan terdapat hubungan antara kepuasan pasien denga sikap pelayanan perawat dapat nilai p sebesar 0,000. KESIMPULAN Penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pasien rawat inap mempunyai hubungan dengan sikap pelayana perawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, sikap pelayanan perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine > Departement of Medicine
Depositing User: FK Usakti
Date Deposited: 13 Jan 2018 08:08
Last Modified: 13 Jan 2018 08:08
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item