Putri, Limastani Febriana and Tjhin, Purnamawati (2017) Hubungan kegiatan extrakurikuler Palang Merah Remaja dan kecerdasan emosional siswa SMA. Undergraduate thesis, Trisakti University.

[img] Text
2017_TA_KD_03012149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, dan mengendalikan emosi. Dengan kecerdasan emosional seseorang dapat menempatkan emosional yang tepat sehingga diharapkan dapat mengatasi atau mencegah kecenderungan untuk melakukan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba. Hasil studi penelitian BNN mendapatkan 58% menggunakan narkoba. Sekolah menjadi wadah untuk mengembangkan fungsi kognitif remaja termasuk kecerdasan emosional, salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan ekstrakurikuler PMR. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler PMR dan kecerdasan emosional pada siswa SMA. METODE Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional dan sampel yang digunakan berjumlah 212 siswa SMA 37. Pengukuran dilakukan dengan kuesioner Emotional Intelligence questionnaire. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-square dengan menggunakan SPSS for Windows versi 20.0 dengan tingkat kemaknaan 0,05. HASIL Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, responden berusia 16 tahun (91,03%) dan 17 tahun (8,96%) dengan jenis kelamin laki-laki (51,92%) perempuan (48,11). Mengikuti PMR (42,9%) dan yang tidak mengikuti (57,1%), memiliki kecerdasan emosional sedang (52,4%) dan tinggi (47,6%). Responden usia 17 tahun lebih banyak memiliki kecerdasan emosional tinggi dibandingkan 16 tahun dengan hasil uji Chi-square bermakna (p=0,004). Responden perempuan memiliki kecerdasan emosional tinggi dibandingkan laki-laki, tetapi hasil analisis dengan uji Chi-square tidak bermakna (p=0,078). Responden yang mengikuti kegiatan PMR memiliki kecerdasan emosional lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengikuti dengan hasil analisis uji Chi-square bermakna (p=0,000). KESIMPULAN Terdapat hubungan bermakna antara usia, kegiatan ekstrakurikuler dan kecerdasan emosional pada siswa SMA. Responden yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR cenderung memiliki kecerdasan emosional tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, PMR, kegiatan ekstrakurikuler
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Departement of Medicine
Depositing User: FK Usakti
Date Deposited: 13 Jan 2018 08:42
Last Modified: 13 Jan 2018 08:51
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item