Esfandiari, Dini and Tarigan, Gita H. (2017) Hubungan faktor internal dan faktor eksternal dengan perilaku makan atlet wanita. Undergraduate thesis, Trisakti University.

[img] Text
2017_TA_KD_03013056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG Atlet merupakan profesi yang membutuhkan banyak energi untuk mampu melakukan aktivitas fisik berat. Disamping kebutuhan energi yang lebih banyak dari orang biasanya, atlet pun dituntut untuk memiliki postur tubuh yang ideal guna menunjang performanya sehingga dapat mencetak prestasi sebanyak mungkin. Demi mencapai hal tersebut, banyak atlet yang melakukan diet ekstrem yang biasanya tanpa didasari pengetahuan yang benar sehingga pada akhirnya mengakibatkan perilaku makan yang menyimpang. Perilaku makan sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan faktor internal dan faktor eksternal dengan perilaku makan atlet wanita. METODE Penelitian menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang yang mengikutsertakan 132 atlet wanita komunitas Rush Runners. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan tiga jenis kuesioner yang meliputi penilaian karakteristik sosiodemografi, perilaku makan dengan Eating Disorder Diagnostic Scale, dan kuesioner data tentang faktor internal (sikap, pengetahuan, citra tubuh) dan faktor eksternal (pendidikan orang tua, pengaruh pelatih, keterpaparan media, lingkungan sosial/teman). Analisis ini menggunakan uji statistik Chi-square. HASIL Dari 132 responden, 82 orang (65,08 %) memiliki perilaku makan tidak menyimpang dan 44 orang (34,92%) memiliki perilaku makan menyimpang. Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara sikap dengan perilaku makan (p = 0,001), citra tubuh dengan perilaku makan (p = 0,000), lingkungan sosial (teman) dengan perilaku makan (p = 0,003). KESIMPULAN Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan faktor internal (sikap dan citra tubuh) dan faktor eksternal (lingkungan sosial) dengan perilaku makan atlet wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sikap, pengetahuan, citra tubuh, pendidikan orang tua, pengaruh pelatih, keterpaparan media, lingkungan sosial, perilaku makan, karakteristik
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Departement of Medicine
Depositing User: FK Usakti
Date Deposited: 14 Jan 2018 06:16
Last Modified: 14 Jan 2018 06:16
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item