Khasana, Fabiola and Yuwono, Bambang Endro and Rintawati, Dewi (2017) Hubungan Kualitas Pemasok Baja Tulangan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics, 2 (2). pp. 60-66. ISSN 2527-6212

Full text not available from this repository.
Official URL: http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index...

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan suatu persepsi pelanggan bahwa harapannya telah terpenuhi oleh pemasok bahan dan material. Kepuasan pelanggan dapat tercapai apabila sebuah produk atau jasa konstruksi memenuhi harapan pelanggan. Sehingga hampir setiap perusahaan pemasok bahan dan material saat ini menyadari pentingnya arti pelanggan bagi perusahaan dan berupaya keras untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Permasalahan yang ada yaitu sub kriteria apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pemasok, kepuasan pelanggan, dan bagaimanakah hubungan antara kualitas pemasok dengan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian adalah mengetahui sub kriteria kualitas pemasok, kepuasan pelanggan, dan menganalisis variabel kualitas pemasok yang paling dominan terhadap kepuasan pelanggan. Dilakukan analisa dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari metode ini adalah: sub kriteria kualitas pemasok yang paling dominan, yaitu Mengatasi kesulitan dengan segera dan tepat, Memberikan layanan yang baik dari awal hingga akhir, Proses pelayanan cepat dan tepat waktu, Kualitas fisik baja tulangan memenuhi Standar Industri Indonesia dan SNI, Harga yang diberikan adalah harga yang sesuai dengan kualitas, Memberikan kemudahan dalam menghubungi perusahaan, dan kopetensi karyawan yang baik. Sub kriteria pelanggan yang paling dominan, yaitu Secara keseluruhan pemasok menyenangkan hati pelanggan, Pelanggan mengatakan hal positif, Pelanggan merekomendasikan ke pihak lain, Pelanggan membeli baja tulangan ditempat yang sama, Pelanggan jarang melakukan peralihan, Menjadikan pemasok tersebut sebagai pilihan pertama bagi pelanggan, Menjadikan pemasok sebagai perusahaan terbaik di Indonesia, Memenuhi harapan pelanggan, Pelanggan senang stok barang dari pemasok, dan kualitas produk yang menjanjikan, Kriteria hubungan kualitas pemasok dengan kepuasan pelanggan yang paling dominan, yaitu Empati, Loyalitas, Kepuasan, Daya Tanggap, Jaminan Dari Pemasok.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Department of Civil Engineering
Depositing User: FTSP UNIVERSITAS TRISAKTI
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:08
Last Modified: 03 Jul 2018 06:08
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item