Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga ( Kardus, Kaleng, Koran, dan Majalah ) Menjadi Elemen Dekoratif Dengan Teknik Melukis Cat Air Di atas Koran Bekas

Adisurya, Susy Irma (2016) Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga ( Kardus, Kaleng, Koran, dan Majalah ) Menjadi Elemen Dekoratif Dengan Teknik Melukis Cat Air Di atas Koran Bekas. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 31 Maret 2016, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

[thumbnail of 28_Susy Irma A.pdf]
Preview
Text
28_Susy Irma A.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daur ulang adalah pengolahan sampah atau limbah menjadi produk baru layak pakai yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan. Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan ini memilih obyek limbah rumah tangga dari kardus, kaleng, koran dan majalah bekas. Benda-benda tersebut banyak ditemukan di lingkungan rumah tinggal, karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang cara mengolah sampah, menjadikan kardus, kaleng, koran dan majalah bekas sebagai limbah rumah tangga yang hanya bisa di tumpuk, di buang atau dibakar. Tujuan dari PKM ini adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat khusus nya anak-anak dan remaja agar dapat memiliki ketrampilan mengolah limbah rumah tangga menjadi barang baru yang lebih bermanfaat. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan langsung di lingkungan perumahan pada saat persiapan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Sistem pelaksanaan PKM ini dengan cara eksperimentatif yaitu memberikan pelatihan langsung kepada peserta PKM menggunakan bahan limbah yang sudah di siapkan sebagai media pelatihan dan memberikan pemahaman dan pengarahan berbagai aspek desain pendukung dalam proses daur ulang, seperti : komposisi bentuk, ukuran, fungsi, proporsi, teknik lukis dan komposisi warna. Metoda penelitian yang dilakukan adalah kualitatif bersifat deskriptif yang berguna untuk menghimpun, memilah, menganalisis dan mengevaluasi data dan informasi yang diperoleh. Melalui PKM ini diperoleh hasil bahwa limbah kardus, kaleng, koran dan majalah bekas ini dapat menjadi produk baru yang memiliki nilai estetis, fungsional dan memiliki nilai jual. Kegiatan pelatihan ini dapat dilakukan berkelanjutan agar dapat mempererat hubungan intitusi perguruan tinggi dengan masyarakat sekitar, sehingga perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasainya untuk menjawab masalah yang ada di masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Art and Design > Undergraduate Program in Interior Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:21
Last Modified: 28 Jul 2017 06:21
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats