Intelektual dan Kreativitas Desainer sebagai Peluang Meningkatkan Industri Kreatif

Rizali, Awang Eka Novia (2020) Intelektual dan Kreativitas Desainer sebagai Peluang Meningkatkan Industri Kreatif. In: Seminar Nasional Envisi 2020 :Desain Produk dan Bisnis Fesyen ( Kepemimpinan Desain Produk Fesyen Melalui Teknologi Digital dan Desain yang Berkelanjutan, 13 Maret 2020, Universitas Ciputra, Surabaya.

[thumbnail of ENVISIFPD-2020-P001-AWANG EKA NOVIA RIZALI-INTELEKTUALITAS DAN KREATIVITAS DESAINER SEBAGAI PELUANG MENINGKATKAN INDUSTRI KREATIF.pdf] Text
ENVISIFPD-2020-P001-AWANG EKA NOVIA RIZALI-INTELEKTUALITAS DAN KREATIVITAS DESAINER SEBAGAI PELUANG MENINGKATKAN INDUSTRI KREATIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT The era of Industry 4.0 and the rise of Society 5.0 concept has made a difference of the way of life and human’s work process. Human has an important role in information technology and industrial development nowadays. The creative industry is the motor of creative economy in Indonesia. Indonesia has a massive opportunity to enhance creative industry, because of the big number of creative human capital, the richness of natural resources, and the uniqueness and variety of cultural heritage. One of the subsector in creative indutry is design. Design is the first step of most of creative industry’s subsector in Indonesia. Design higher education can hopefully produce designers who can give solution of existing problems and human needs. Therefore, the designer’s intellectuality and creativity are highly needed. Through the Design Thinking method, this paper will elaborate cases from designers who are able to develop their intellectuality from design higher education and has succeeded of developing product and fashion design. Designers are ought to have sensitivity to social issues and creating solution by developing design which related to the needs of society ABSTRAK Era Industry 4.0 dan munculnya konsep Society 5.0 menyebabkan perubahan cara hidup dan proses kerja manusia. Manusia memiliki peran penting dalam arus lajunya perkembangan teknologi informasi dan industri saat ini. Industri kreatif merupakan penggerak laju ekonomi kreatif di Indonesia. Indonesia memi-liki peluang besar dalam mengembangkan industri kreatif, karena memiliki sumber daya manusia kreatif dalam jumlah besar, kaya dengan sumber daya alam yang berlimpah, dan sumber warisan budaya yang unik dan beragam. Salah satu subsektor di dalam industri kreatif adalah desain. Desain merupakan lang-kah awal dari sebagian besar subsektor industri kreatif di Indonesia. Pendidikan tinggi desain, diharapkan dapat menghasilkan desainer yang dapat memberikan solusi dalam permasalahan yang ada dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan manusia. Untuk itu intelektualitas dan kreativitas desainer sangat dibutuhkan. Melalui metode Design Thinking, makalah ini memaparkan contoh kasus desainer-desainer yang mampu mengembangkan intelektualitasnya dari keilmuan yang didapat di pendidikan perguruan tinggi dan telah berhasil mengembangkan desain produk dan fashion. Desainer dituntut untuk peka terhadap masalah sosial di sekeliling dan selalu tergelitik untuk mencari solusinya, dengan mengembangkan produk yang menyentuh kebutuhan masyarakat banyak.Kata Kunci:desain, desainer, industry kreatif, intelektualitas, kreativitas

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Undergraduate Program in Product Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 15 Aug 2020 08:31
Last Modified: 15 Aug 2020 08:34
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats