Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti (Studi Kasus Instagram @fsrdusakti): Laporan Akhir Penelitian

Franzia, Elda, Damayanti, Resky Annisa, Puspaningtyas, Valentina Ayu and Sastranegara, Karina Luthfiya (2020) Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti (Studi Kasus Instagram @fsrdusakti): Laporan Akhir Penelitian. Project Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain Usakti, Jakarta. (Submitted)

[thumbnail of Elda Franzia_Laporan Akhir Penelitian Evaluasi Desain Media Sosial Instagram_Elda F.docx.pdf] Text
Elda Franzia_Laporan Akhir Penelitian Evaluasi Desain Media Sosial Instagram_Elda F.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan di Indonesia. Instagram memberi fasilitas dan membuka peluang besar bagi pelaku bisnis, komunitas, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan untuk melakukan berbagai kegiatan promosi. Kegiatan promosi dan pembentukan branding dilakukan menggunakan konten visual dan audio, berupa foto dan video. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti telah memiliki akun Instagram @fsrdusakti yang dimulai sejak tahun 2016. Dalam penelitian awal, ada ketidakpuasan dari pengguna tentang desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang dinilai kurang tertata rapi dan tidak menunjukkan identitas visual yang menarik dan interaktif. Berdasarkan masukan tersebut, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti meluncurkan desain baru Instagram @fsrdusakti pada puncak perayaan 50 tahun FSRD Universitas Trisakti pada tanggal 23 November 2019 yang lalu. Dengan adanya desain baru tersebut maka terdapat perubahan desain pada akun Instagram @fsrdusakti. Desain baru menyampaikan pesan komunikasi dan branding baru kepada penggunanya. Oleh karena itu maka perlu dievaluasi desain media sosial Instagram @fsrdusakti sebagai salah satu media branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti kepada khalayak sasaran, yaitu bagaimana pesan komunikasi visual branding disampaikan melalui elemen visual karakter ilustrasi dan warna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model penelitian desain yang mengungkapkan penjabaran analitis terhadap keberadaan desain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi visual dan kuesioner kepuasan kepada pengguna yang meliputi civitas akademika dan siswa SMA sebagai calon mahasiswa. Analisis evaluatif dilakukan berdasarkan data penelitian terhadap (a) Karakter ilustrasi, (b) Warna, (c) Intagram Feed pada akun Instagram @fsrdusakti. Hasil dari penelitian ini adalah penjabaran evaluatif terhadap rangkuman analisis dan rekomendasi terhadap pengembangan desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang akan bermanfaat untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Kata kunci: branding, desain, ilustrasi, Instagram, warna ABSTRACT Instagram is one of popular social medias in Indonesia. Instagram facilitated their users to promote business, communities, including government and educational institutions. The promotion and branding development process achieved by using visual and audio contents such as photos and videos. Faculty of Art and Design Trisakti University has Instagram account @fsrdusakti since 2016. From earlier research, there has been unsatisfied user that mention about the design of social media Instagram @fsrdusakti that is unattractive and not interactive enough for the user. Based on that insight, Faculty of Art and Design Trisakti University had launched new design of Instagram @fsrdusakti on November 23, 2019 which was the 50th celebration day of Faculty of Art and Design Trisakti University. There are changes applied from new design of Instagram account @fsrdusakti. The new design conveys communication messages and new branding to the users. Therefore, the evaluation of social media design Instagram @fsrdusakti is needed. The evaluation proceeds to their users, about how branding visual communication message is conveying to the user through illustration character and colors. The research method is qualitative method with design research model to explore analytical review of the design. Data collected through visual observation and questionnaire to the users such as academic and high school students as prospectus students. The evaluative analysis carried based on data research of (a) Illustration Characters, (b) Colors, (c) Instagram Feed on Instagram account @fsrdusakti. The result of this research is evaluative explanation of analysis and recommendation about social media design development of Instagram account @fsrdusakti which will support Faculty of Art and Design Trisakti University.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Undergraduate Program in Visual Comnunication Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 16 Aug 2020 13:20
Last Modified: 16 Aug 2020 13:20
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats