Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Trisakti (Studi Kasus Instagram @fsrdusakti)

Franzia, Elda, Damayanti, Resky Annisa, Puspaningtyas, Valentina Ayu and Sastranegara, Karina Luthfiya (2020) Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Trisakti (Studi Kasus Instagram @fsrdusakti). UNSPECIFIED. Fakultas Seni Rupa da Desain Universitas Trisakti, Jakarta.

[thumbnail of Laporan Penelitian]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
Elda Franzia_sertifikat Hak Cipta Laporan Penelitian.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview

Abstract

Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan di Indonesia. Instagram memberi fasilitas dan membuka peluang besar bagi pelaku bisnis, komunitas, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan untuk melakukan berbagai kegiatan promosi. Kegiatan promosi dan pembentukan branding dilakukan menggunakan konten visual dan audio, berupa foto dan video. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti telah memiliki akun Instagram @fsrdusakti yang dimulai sejak tahun 2016. Dalam penelitian awal, ada ketidakpuasan dari pengguna tentang desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang dinilai kurang tertata rapi dan tidak menunjukkan identitas visual yang menarik dan interaktif. Berdasarkan masukan tersebut, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti meluncurkan desain baru Instagram @fsrdusakti pada puncak perayaan 50 tahun FSRD Universitas Trisakti pada tanggal 23 November 2019 yang lalu. Dengan adanya desain baru tersebut maka terdapat perubahan desain pada akun Instagram @fsrdusakti. Desain baru menyampaikan pesan komunikasi dan branding baru kepada penggunanya. Oleh karena itu maka perlu dievaluasi desain media sosial Instagram @fsrdusakti sebagai salah satu media branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti kepada khalayak sasaran, yaitu bagaimana pesan komunikasi visual branding disampaikan melalui elemen visual karakter ilustrasi dan warna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model penelitian desain yang mengungkapkan penjabaran analitis terhadap keberadaan desain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi visual dan kuesioner kepuasan kepada pengguna yang meliputi civitas akademika dan siswa SMA sebagai calon mahasiswa. Analisis evaluatif dilakukan berdasarkan data penelitian terhadap (a) Karakter ilustrasi, (b) Warna, (c) Intagram Feed pada akun Instagram @fsrdusakti. Hasil dari penelitian ini adalah penjabaran evaluatif terhadap rangkuman analisis dan rekomendasi terhadap pengembangan desain media sosial Instagram @fsrdusakti yang akan bermanfaat untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 17 Aug 2020 02:11
Last Modified: 29 Aug 2020 04:03
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats