Aspek Kemenarikan Dan Komunikasi Visual Pada Stiker LINE (Studi Kasus: Stiker Karakter ”Cony Special Edition”, Stiker Kompetisi ”Soekirman Si Tukang Parkir”, Stiker Creator ”Baba Kiko”)

Franzia, Elda and Prabowo, Wieke Pratiwi (2020) Aspek Kemenarikan Dan Komunikasi Visual Pada Stiker LINE (Studi Kasus: Stiker Karakter ”Cony Special Edition”, Stiker Kompetisi ”Soekirman Si Tukang Parkir”, Stiker Creator ”Baba Kiko”). Technical Report. Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti, Jakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi melalui smartphone dilakukan dengan memanfaatkan emoji dan gambar melalui berbagai aplikasi instant messenger, salah satunya melalui aplikasi LINE. Aplikasi LINE melakukan inovasi dalam mengikat ketertarikan penggunanya, antara lain dengan pengembangkan stiker LINE melalui Sticker Shop. Stiker LINE menjadi salah satu objek visual yang menarik dalam penelitian desain komunikasi visual. Penelitian ini mengambil studi kasus tiga stiker, yaitu stiker LINE “Cony Special Edition�, stiker LINE “Soekirman Si Tukang Parkir� dan stiker LINE “Baba Kiko�. Ketiga stiker LINE tersebut mewakili keragaman sumber desain stiker LINE yaitu stiker karakter LINE Official, stiker hasil kompetisi, dan stiker dari kreator independen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana aspek kemenarikan desain stiker LINE dan penyampaian komunikasi visualnya serta peluang pengembangan desain stiker LINE ke depannya. Tujuannya adalah memahami aspek kemenarikan dan komunikasi visual pada ketiga kasus stiker LINE tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus eksploratif eksplanatoris. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi visual, survey responden dan wawancara narasumber. Analisis dilakukan dengan pengkategorian dan pengkoordinasian data. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi kemenarikan dan komunikasi visual pada stiker LINE. Hasil penelitian berupa pemahaman bahwa aspek kemenarikan pada ketiga jenis stiker terletak pada ekspresi dan karakter stiker tersebut. Ekspresi berkaitan dengan aspek komunikasi visual stiker LINE yang digunakan untuk menyampaikan perasaan dan pesan tertentu. Pengembangan stiker LINE secara variatif berpotensi untuk terus dikembangkan sejalan dengan minat pengguna terhadap ragam stiker baru yang terus berkembang.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 17 Aug 2020 08:24
Last Modified: 28 Aug 2020 15:33
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats