PENDEKATAN PARTICIPATORY PLANNINGPADA PERENCANAAN RUANG BELAJAR PENDIDIKANANAK USIA DINI (PAUD)

Iskandar, Julindiani and Gandarum, Dedes Nur (2019) PENDEKATAN PARTICIPATORY PLANNINGPADA PERENCANAAN RUANG BELAJAR PENDIDIKANANAK USIA DINI (PAUD). Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2 (3). pp. 155-162. ISSN 2615-3122

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan ruang belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ananda yang terletak di pemukiman padat penduduk dan padat bangunan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dilakukan karena kurangnya pengetahuan dan biaya untuk membangun dan melakukan perawatan. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tambahan, pendampingan serta percontohan tentang fasilitas lingkungan belajar yang sehat. Penyuluhan, pendampingan serta percontohan yang dilakukan bersifat bottom up melalui pendekatan partisipatoryplanning. Hal ini dilakukan agar perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, dapat diterima oleh masyarakat, sertamenjadi media pembelajaran masyarakat atau transfer of knowledge terkait perencanaan, perancangan, dan perawatan fasilitas lingkungan, khususnya fasilitas PAUD. Selain itu dengan pendekatan partisipatif ini diharapkan timbul rasa kepemilikan yang kuat (sense of belonging) yang akan menjadi modal dasar bagi pemeliharaan dan pengembangan fasilitas publik secara swadaya dan berkelanjutan. Kata kunci:Perencanaan;ruang belajar;partisipatory planning

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Undergraduate Program in Architecture
Depositing User: FTSP UNIVERSITAS TRISAKTI
Date Deposited: 22 Aug 2020 05:41
Last Modified: 22 Aug 2020 05:41
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats