ANALISIS PERKERASAN LANDAS PACU BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA, BANDUNG

Sari, Christina and Surachman, Luky (2019) ANALISIS PERKERASAN LANDAS PACU BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA, BANDUNG. Jurnal Infrastruktur Universitas Pancasila, 5 (1). pp. 51-57. ISSN 2476-9339

[thumbnail of Peer Review.pdf] Text
Peer Review.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bandara Husein Sastranegara yang dapat terletak di jantung kota Bandung saat ini memiliki landasan pacu dengan klasifikasi PCN tetap pada 50 F / C / X / T atau sama dengan total ketebalan perkerasan tipe fleksibel tepat pada 740 mm. Namun demikian, Boeing 737-800 mendefinisikan klasifikasinya pada keadaan maksimum hingga 51 pada skala ACN. Oleh karena itu, tindakan overlay pada landasan pacu perlu dipelajari untuk meningkatkan klasifikasinya. ACN / PCN adalah salah satu metode terkenal ICAO untuk menentukan tebal perkerasan, sementara baru-baru ini FAA telah mengembangkan metode mutakhir dengan menggunakan program terkomputerisasi yang disebut FAARFIELD (FAA Rigid Flexible Iterative Elastic Layer Design). Sesuai dengan masalah sebelumnya, metode ICAO menganalisis kebutuhan ketebalan perkerasan 1041,4 mm untuk teknik grafis dan 940,6 mm untuk teknik analitis, sedangkan FAARFIELD hanya memerlukan ketebalan perkerasan 840,8 mm dalam menentukan landasan pacu jenisnya yang fleksibel karena tindakan overlay sebelumnya. Hasil yang disajikan dari kedua metode menetapkan bahwa trotoar landasan pacu Bandara Husein Sastranegara harus segera diperbaiki dengan lapisan overlay

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Undergraduate Program in Civil Engineering
Depositing User: FTSP UNIVERSITAS TRISAKTI
Date Deposited: 06 Oct 2020 00:59
Last Modified: 06 Oct 2020 00:59
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats