Kajian Pngenalan Identifikasi Budaya Pada Produk Sepeda Anak Roda Tiga (Studi Kasus Sepeda Merek Family Buatan Indonesia)

Sipta, Wimaya Risang (2014) Kajian Pngenalan Identifikasi Budaya Pada Produk Sepeda Anak Roda Tiga (Studi Kasus Sepeda Merek Family Buatan Indonesia). Masters thesis, Trisakti University.

[thumbnail of 2014_191120031_full.pdf] Text
2014_191120031_full.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Desain untuk meningkatkan kualitas hidup dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi serta dapat membentuk atau memberikan atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada merek suatu produk. Berdasarkan penelitian eksplorasi terhadap 100 pembeli sepeda merek Family yang ada di Jakarta, diperoleh hasil bahwa 66% tidak mengetahui asal sepeda anak merek Family adalah Indonesia. Responden juga menyatakan perlunya ciri yang sesuai budaya Indonesia pada sepeda roda tiga anak merek Family sebanyak 53% setuju dan 21% sangat setuju. Oleh karenanya penting untuk mengembangkan produk yang lebih mencirikan budaya negara asal. Maka tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengetahuan konsumen atas produk sepeda anak merek Family berdasarkan negara asal Indonesia, dan pengenalan budaya bagi anak sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan berkaitan antropologi dan kebudayaan, pendidikan anak, psikologi anak dan ekonomi melalui pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek sepeda anak Family dapat menambahkan nilai representasi budaya pada produknya melalui tanda, simbol, desain, atau kombinasi keseluruhannya yang dipasarkan secara lokal (nasional) ataupun ekspor, sehingga mencitrakan negara asalnya yaitu Indonesia. Nilai budaya diperkenalkan pada anak melalui sepeda roda tiga merek Family didukung sarana penunjang yang informatif berupa buku cerita lokal dan mainan interaktif berbasis budaya Indonesia. Fungsinya untuk pengenalan budaya Indonesia bagi anak. Kontribusi penelitian ini dapat membantu para pengambil keputusan penghasil produk sepeda anak atas desain produk yang diproduksi di Indonesia dan dipasarkan juga di negara lain dapat merepresentasikan budaya Indonesia. Selain itu dapat memberikan kecintaan atas produk mainan anak yang mencirikan budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 12 Sep 2017 06:49
Last Modified: 12 Sep 2017 06:49
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats