Kajian Semiotika Video Motion Graphic Legenda MA

Kelana, Hans Putra (2016) Kajian Semiotika Video Motion Graphic Legenda MA. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain.

[thumbnail of full.pdf] Text
full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan era digital saat ini berpengaruh terhadap perkembangan dunia motion graphic di Indonesia. Pemanfaatan motion graphic dalam mengkomunikasikan informasi kepada penontonnya semakin beragam baik pada program televisi, siaran daring, bahkan pada acara akbar. Salah satu video motion graphic yang menarik untuk dikaji ialah Legenda Ma yang diputar pada acara Annual Meeting di hadapan para stakeholder dan eksekutif level atas Bank DBS Indonesia pada tahun 2014. Kisah yang mengangkat tema Dewa Kuda bertepatan dengan momen Imlek 2565 yang dilambangkan sebagai Tahun Kuda. Kisah mitologi dari masyarakat Cina yang disajikan mengenai peperangan kebaikan dan kejahatan dan tidak adanya relevansi langsung terhadap DBS selaku perusahaan bank komersil ternama di Indonesa menarik untuk dikaji makna dan ideologi yang ada di dalamnya. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis semiotika dan budaya perusahaan. Teori semiotika yang digunakan adalah kelompok tanda Peirce, signifikasi dua tingkat Barthes, kode narasi Barthes, dan budaya perusahaan Schein. Setiap hasil analisa yang dihasilkan dengan teori-teori tersebut diambil intisarinya untuk menemukan makna dan ideologi yang tersirat pada video Legenda Ma. Melalui hasil analisis terdapat ide pembedaan kelas dimana dalam cerita ada dewa, makhluk kegelapan dan manusia yang diasosiasikan pemodal, penguasa, dan anggota organisasi biasa. Ide selanjutnya adalah adanya motivasi dan harapan bagi anggota organisasi untuk memenangkan persaingan. Pertarungan baik dan buruk menyiratkan suasana kompetisi di dalam organisasi maupun dalam dunia usaha. Hal yang paling penting adalah representasi Ma sebagai sebuah ide jiwa perubahan berkelanjutan bagi organisasi agar memenangkan persaingan. Ide-ide tersebut sesuai dengan empat dari lima karakteristik ideologi kapitalisme. Dengan demikian, kecenderungan ideologi yang hadir pada Legenda Ma adalah kapitalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:49
Last Modified: 27 Sep 2017 06:49
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats