Perancangan Bentuk Kendaraan personal dengan Perkembangan Sistem Balancing Scooter PMSD yang Aksesibel Bagi Difabel Paraplegia (Dengan Sampel Studi Kawasan Jelajah di Area Taman Wisata Candi Prambanan)

Anurogo, Baskoro Latu (2013) Perancangan Bentuk Kendaraan personal dengan Perkembangan Sistem Balancing Scooter PMSD yang Aksesibel Bagi Difabel Paraplegia (Dengan Sampel Studi Kawasan Jelajah di Area Taman Wisata Candi Prambanan). Masters thesis, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

[thumbnail of TESIS_BASKORO LATU ANUROGO_191110083.pdf] Text
TESIS_BASKORO LATU ANUROGO_191110083.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Perancangan ini berawal dari ketertarikan terhadap obyek, yaitu balancing scooter .Balancing scooter merupakan jenis kendaraan personal dengan sistem keseimbangan yang dihasilkan dari gyroscopic cencors.Balancing scooter PMSD sebagai pengembangan teknologi (dikembangkan oleh tim development Politeknik Mekatronika Sanata Dharma) masih berupa kerangka teknik, sehingga dibutuhkan perancangan bentuk fisik dengan spesifikasi yang dimiliki balancing scooter PMSD . Pengembangan tersebut diawali dengan mempertimbangk an aspek kebaruan yang dilalui dengan mempertimbangkan tiga aspek, yaitu aspek pengguna, aspek kegunaan dan aspek penggunaan. Konsep perancangan didapat dari memperbandingkan unsur – unsur kerangka teknik balancing scooter PMSD dengan kendaraan balancing scooter PMSD yang akan diciptakan, kemudian menentukan hipotesis. Hipotesis perancangan ini adalah membuat kendaraan balancing scooter PMSD yang aksesibel bagi difabel paraplegia dengan menjadikannya berbentuk seperti kursi roda (dioperasikan secara duduk ). Perancangan menggunakan metode design thinking , yaitu metode desain yang diawali dengan menemukan masalah ( problem seeking ) kemudian mencari solusi(problem solving ). Problem seeking dilakukan dengan menentukan kebaruan dari balancing scooter PMSD itu sendiri. Hasil dari penelitian tersebut akan menemukan needs,yaitu kendaraan personal yang akan digunakan oleh wisatawan di area Taman Wisata Candi Prambanan yang aksesibel bagi wisatawan difabel dan non difabel paraplegia. Problem solvingdiawali dengan studi literatur dan observasi lapangan yang akan dielaborasi dengan analisis deskriptif kualitatif, untuk dapat menentukan design requirements. Problem solving diakhiri dengan visualisasi kendaraan personal dalam bentuk ilustrasi digital 3 dimensi yang berupa jawaban atas hipotesis.Perancangan ini membutuhkan banyak penyempurnaan karena masih berupa konsep ilustrasi digital, sehingga belum dapat diuji kenyamanan dan keamanan pengoperasiannya. Membutuhkan beberapa kali pengujian dengan membuat prototype kendaraan dengan ukuran yang sebenarnya supaya kendaraan ini dapat dioperasikan. Seandainya kendaraan ini akan digunakan di Taman Wisata Candi Prambanan ataupun tempat yang lain, dibutuhkan beberapa fasilitas tambahan yang mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 04 Dec 2017 06:04
Last Modified: 04 Dec 2017 06:51
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats