Kajian Interface Speedometer Sepeda Motor Metik Di Indonesia,Tentang Pengaruh Orang Berkendara.

Bahalwan, Hamdan (2017) Kajian Interface Speedometer Sepeda Motor Metik Di Indonesia,Tentang Pengaruh Orang Berkendara. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa Dan Desain,USAKTI.

[thumbnail of Bab 4 dan 5.       FULL.    WM.    HF.pdf] Text
Bab 4 dan 5. FULL. WM. HF.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kajian Interface Speedometer Sepeda Motor Metik Di Indonesia.Tentang Pengaruh Cara Orang Berkendara.Seiring bertumbuhnya perekonomian Indonesia, maka tumbuh pula kemampuan daya beli masyarakat. Masyarakat perkotaan, menggunakan kendaraan pribadi untuk menunjang aktifitas mereka. Sepeda motor metik, merupakan salah satu dari beberapa pilihan kendaraan pribadi di perkotaan di Indonesia. Juga mudahnya dalam mendapatkan kendaraan baru, membuat masyarakat berbondong-bondong membeli sepeda motor metik. Dalam setahun, pabrikan sepeda motor dapat menjual dua juta unit kendaraan lebih pada konsumen.Semakin banyaknya kendaraan di Indonesia, akan tetapi tidak diiringi dengan faktor-faktor keselamatan dalam berkendara. Seperti desain speedometer sepeda motor yang tidak memberikan peringatan pada pengendara ketika kendaraan sudah melalui kecepatan batas kota. Desain sepeda motor yang banyak terdapat pertemuan garis lurus yang menciptakan sudut lancip, sehingga membuat psikologi persepsi pengguna, akan memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi.Sehingga ketika terjadi kecelakaan banyak diakibatkan karena pengguna sepeda motor, memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.Sepeda motor metik di Indonesia, dikuasai oleh tiga pabrikan motor, dan tiga model sepeda motor yang berbeda. Ada Honda BeAT, Honda Vario, dan Yamaha Mio M3. Permasalahan yang muncul dengan makin maraknya sepeda motor metik tersebut adalah tidak adanya peringatan kepada pengguna ketika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Warna desain speedometer yang kurang mencolok, sehingga tidak dapat menjadi sebuah pengingat pengguna. Dengan adanya metodologi penelitian menggunakan estetik dan sosiologi desain, maka akan mendapatkan sebuah hasil baru tentang permasalahan yang ada. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi tersebut maka, akan ditelaah lebih lanjut korelasi antara speedometer dengan cara orang berkendara.Sehingga dengan didapatkannya hasil tersebut pengguna dapat lebih mengontrol kecepatan ketika berkendara, dan juga dapat menekan jumlah kecelakaan lalu lintas akibat kecepatan sepeda motor yang melebihi batas wajar kecepatan normal. Selain itu pula, diharapkan agar pengguna lebih aware terhadap keselamatan dalam berkendara (safety riding).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 14 Feb 2018 11:30
Last Modified: 14 Feb 2018 11:30
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats