Tanda dan Kode Visual Citra Wanita Jilbab Moderen pada Cover Majalah LAIQA Edisi Spesial 2015 -2016

Kurnia, Dewi Intan (2017) Tanda dan Kode Visual Citra Wanita Jilbab Moderen pada Cover Majalah LAIQA Edisi Spesial 2015 -2016. Masters thesis, Fakultas Seni Rupa Dan Desain,USAKTI.

[thumbnail of THESIS DEWI INTAN KURNIA.     WM.      HF.pdf] Text
THESIS DEWI INTAN KURNIA. WM. HF.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136MB)

Abstract

Majalah LAIQA adalah majalah muslim yang sangat popular saat ini di Indonesia. Meskipun majalah ini tergolong baru namun masyarakat sangat menggemari majalah tersebut khususnya kaum Muslim wanita yang menggunakan jilbab. Dahulu kala wanita berjilbab selalu mengenakan pakaian yang monoton sesuai aturan. Banyak sekali batasan – batasan untuk para pengguna jilbab. Meskipun Jilbab merupakan kewajiban wanita muslim, banyak sekali yang menanggalkan kewajiban tersebut karena penampilan wanita berjilbab dianggap kuno.Seiring berjalannya waktu cara berjilbab yang pada dasarnya berasal dari timur tengah ini masuk ke Indonesia. Selain itu banyak desainer – desainer yang memadu padankan busana jilbab dengan culture ke barat – baratan sehingga tampilan wanita berjilbab sangat menarik. Baru – baru ini di Indonesia tren jilbab muslim modern menjadi sebuah life style dangan terbentuknya beberapa komunitas – komunitas. Komunitas yang paling berpengaruh pada mode di Indonesia adalah Hijup yang berdiri di tahun 2013.Kemudian komunitas Hijab ini menghasilkan sebuah tim media yang memeberi tren di tiap taun melalui media sosial maupun media cetak. Tren hijab asal Indonesian ini begitu fenomenal sehingga mampu menuju go-Internasional. Salah satu media yang populer adalah Majalah LAIQA.Majalah LAIQA membentuk tren busana muslim modern dangan konsep futuristic. Kajian kemudian difokuskan kepada daya jual utama sebuah majalah yaitu Cover. Cover majalah LAIQA yang terpilih untuk dikaji merupakan cover di edisi – edisi special berdasarkan data yang diperoleh dari web resmi. Kajian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan yaitu Semiotik.Spesifikasi semiotic yang diaplikasikan berdasarkan versi Roland Barthes. Roland Barthes merupakan seorang tokoh pemakna tanda – tanda yang paling tepat untuk penelitian media. Hal ini sudah banyak dipaparkan di berbagai pustaka.Tanda – tanda ini akan dijabarkan dengan diperkuat oleh pustaka sekaligus kuisioner sebagai penguat dan ke valid an data. Dengan demikian maka tesis ini mampu menghasilkan analisa makna tanda dan dampak sebuah Cover Majalah yang diasumsikan sebagai salah satu pendobrak mode citra wanita busana Muslim di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Art and Design > Master Program in Design
Depositing User: FSRD Trisakti
Date Deposited: 14 Feb 2018 11:55
Last Modified: 14 Feb 2018 11:55
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats