Hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien hemodialisis di Klinik Raycare

Suryadi, Rokhim and Guyansyah, Assangga (2017) Hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien hemodialisis di Klinik Raycare. Undergraduate thesis, Trisakti University.

[thumbnail of 2017_TA_KD_03011259.pdf] Text
2017_TA_KD_03011259.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG Pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berwujud, cepat hilang, lebih dapat dirasakan daripada dimiliki, dan pelanggan lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Kualitas pelayanan sebagai tingkat kesempurnaan untuk memenuhi keinginan konsumen sedangkan kepuasan juga dapat di artikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. prevalensi gagal ginjal kronik di Indonesia sekitar 0,2% Penelitian ini menarik karena terjadi peningkatan penderita gagal ginjal setiap tahunya dilihat dari prevalensi GGK 0,2 % dan membutuhkan pelayanaan HD, sedang penyediaan layanan hemodialilsis di indonesia belum semu terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien hemodialiais di Klinik Raycare dan Meningkatkan kualitas pelayanan pasien hemodialisis. METODE Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan desain penelitian cross sectional analitik. Jumlah sampel yang di teliti adalah sebanyak 42 responden yang melakukan hemodialisis di klinik hemodialisa Raycare Cengkareng Kalideres Jakarta Barat dan dilakukan mulai dari bulan Maret 2016 hingga Desember 2017. Pemilihan responden consecutive sampling dan pengumpulan data dengan cara menjawab pertanyaan dari kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Data variabel diolah menggunakan software SPSS versi 20. HASIL Penelitian ini memperoleh hasil, responden yang puas terhadap kualistas pelayanan di klinik raycare dengan nilai p sebesar 0,007 (p<0.005) KESIMPULAN Kepuasan pasien akan meningkat berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, pelayanan, hemodialisis
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Medicine > Undergraduate Program in Medicine
Depositing User: FK Usakti
Date Deposited: 13 Jan 2018 06:44
Last Modified: 13 Jan 2018 06:45
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats