Hubungan tingkat depresi dengan gangguan fungsi kognitif pada siswa SMA X

Mulia, Muhamad Ricky and Merijanti, Lie T. (2017) Hubungan tingkat depresi dengan gangguan fungsi kognitif pada siswa SMA X. Undergraduate thesis, Trisakti University.

[thumbnail of 2017_TA_KD_03013124.pdf] Text
2017_TA_KD_03013124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

LATAR BELAKANG Fungsi kognitif merupakan hal terpenting untuk pembelajaran pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam proses pembelajaran setiap hari siswa SMA memerlukan fungsi kognitif yang optimal. Kadangkala dalam proses pembelajaran siswa mendapatkan stresor yang dapat mengakibatkan gangguan depresi. Beberapa penelitan membuktikan bahwa gangguan depresi dapat menurunkan fungsi kognitif yang berdampak terhadap penurunan kinerja saat disekolah. Untuk dapat memahami mengenai tingkat depresi dan gangguan fungsi kognitif, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat depresi dengan gangguan fungsi kognitif. METODE Penelitian menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang yang mengikutsertakan 52 murid siswa Sekolah Menengah Atas di daerah Tomang, Jakarta Barat. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner yang meliputi nama, jenis kelamin, tingkat depresi, dan fungsi kognitif. Pengukuran tingkat depresi menggunakan Hamilton Depression Rating Scale (HAM-D) dan pengukuran fungsi kognitif menggunakan Mini Mental State Examination (MMSE). Analisis data dengan menggunakan SPSS for Windows versi 23.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05 HASIL Prevalensi gangguan fungsi kognitif sebesar 39,6%. Terdiri dari 30,2% gangguan fungsi kognitif ringan dan 9,4 gangguan fungsi kognitif ringan – sedang. Analisis chi square menunjukkan tidak adanya hubungan antara tingkat depresi dengan gangguan fungsi kognitif pada siswa SMA (p=0,149). KESIMPULAN Pada Penelitian ini didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat depresi dan gangguan fungsi kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tingkat depresi, gangguan fungsi kognitif, siswa SMA, proses pembelajaran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Undergraduate Program in Medicine
Depositing User: FK Usakti
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:09
Last Modified: 18 Jan 2018 03:09
URI: http://libprint.trisakti.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item
View My Stats